Monday, August 13, 2012

Cerita: Tukang Becak Naik Haji

Cerita ini saya dapatkan dari seorang kawan, yang ia dapatkan dari cerita seorang ustadz di Masjid. Terlepas dari benar atau tidaknya, semoga yang membacanya mendapat manfaat dan hidayah.

Tukang Becak Naik Haji

Alkisah seorang tukang becak ingin sekali naik haji. Siapa yang tidak tahu tentang mahalnya biaya naik haji itu, tetapi keinginannya tidak sulut dan ia mengatur strategi agar bisa mencapainya. Caranya unik, inspirasinya didapatkan saat mendengarkan ceramah di Masjid tentang hikmah sedekah hari jumat dan kebesaran hari jumat. Ia pun memutuskan hal yang sama bahwa ia akan bersedekah di hari Jumat. Akhirnya ia membuat program sederhana yakni, siapapun yang menaiki becaknya pada hari jumat tidak perlu bayar alias gratis sebagai gantinya ia meminta kepada si penumpang untuk mendoakannya bisa segera pergi haji. Hal ini ia lakukan terus menerus.

Hingga suatu hari,
di hari Jumat, ia mendapat seorang penumpang perempuan. Seperti biasa saat sampai di tujuan, Ibu tersebut mencoba membayarnya dan tukang becak ini pun menolak "Hari ini hari jumat 'Bu, ini adalah hari dimana saya ingin bersedekah. Sebagai gantinya bolehkah saya meminta sesuatu pada Ibu?" . Ibu itu pun keheranan "Ya boleh". Tukang becak itu meneruskan "Tolong bantu doakan saya agar bisa pergi haji, itu saja". Kemudian Ibu itu pun menjawab "Bapak mau pergi haji toh, di RT saya ada program menaikan haji orang-orang tidak mampu, Bapak daftar saja bersama istri".

Kemudian tukang becak itupun mendaftar bersama istrinya dan pergi berangkat haji dengan mudahnya. :)

"Segala sesuatu menjadi mudah saat engkau percaya bahwa Allah SWT maha kuasa, maha pemberi, maha berkehendak  dan bagiNya tidak ada yang tidak mungkin. Allah memudahkan urusan dunia bagi mereka yang memudahkan urusan akhirat" :)

Baca Juga
Kisah Muhammad SAW: Musuh yang menjadi teman
Bukan Sok Arab Bukan Sok beriman
Kisah Sepotong Roti
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment