Sunday, October 21, 2012

Cara Menentukan Kehamilan (Tanda Pasti Kehamilan)


Mengenali Gejala Kehamilan dan Menentukan Hamil atau tidak

Apakah saya hamil? Yap! Itu adalah pertanyaan banyak perempuan. Pada dasarnya ilmu kedokteran membagi dua tanda kehamilan, yakni tanda pasti kehamilan dan tanda tidak pasti kehamilan. Hal yang perlu disayangkan adalah hasil positif testpack kehamilan yang dijual dipasaran bukanlah tanda pasti kehamilan. Jadi, apa saja tanda-tanda kehamilan? Mana yang pasti? Dan mana yang tidak pasti?

Kita mulai dari tanda pasti kehamilan


1. Teraba bagian janin
Tentu saja Anda dipastikan hamil, bila saat pemeriksaan telah teraba bagian janin seperti kepala, bokong, dan punggung. Bagian janin ini biasanya baru jelas teraba padapemeriksaan leopold, sedangkan pemeriksaan leopold ini baru dapat dilakukannpada usia kehamilan 20-24 minggu. Jadi bila usia kehamilan Anda belum mencapai usia ini maka bagian janin belum dapat teraba.

2. Terdengar denyut jantung janin
Ada denyut jantungnya, berarti pasti ada bayinya! Kapan denyut jantung ini baru bisa Anda dengar? Yaitu saat usia kehamilan 16-20 minggu. Jadi untuk memastikan kehamilan Anda harus sabar menunggu hingga denyut jantungnya terdengar yakni minimal sekitar usia 16 minggu.

3. Terlihat janin
Yap. Bila janin sudah terlihat tentu Anda sudah dapat dipastikan hamil. Kapan janin Anda benar-benar bisa terlihat yaitu saat usia kehamilan 5,5 minggu (dengan USG transvaginal) atau saat usia kehamilan 6 minggu (dengan USG transabdominal) namun saat ini bentuknya hanyalah berupa kantung gestasi.

Dengan kata lain, cara menentukan kepastian kehamilan tercepat adalah dengan melakukan USG.

Tanda tidak pasti kehamilan ada di artikel berikutnya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment