Sunday, October 21, 2012

Cara mengetahui usia kehamilan


cara menentukan usia kehamilanHalo apakah anda baru mendapati diri Anda hamil? Tapi belum tau berapa usia kehamilan Anda? Atau Anda penasaran usia kehamilan Anda yang sebenarnya? Berikut adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk membantu menentukan usia kehamilan Anda.

Bagaimana cara menentukan usia kehamilan?


1. Haid
Cara menentukan usia kehamilan dengan haid sangat mudah, khususnya bagi Anda yang memiliki haid teratur setiap bulan. Rumusnya adalah:

(Bulan saat ini - bulan terakhir haid) = ........ bulan  kemudian x 4 minggu
Bila hasil = 3 atau 4 atau 5 bulan tambahkan 1 minggu
Bila hasil = 6 atau 7 atau 8 bulan tambahkan 2 minggu
Bila hasil = 9 atau lebih tambahkan 3 minggu
Tanggal sekarang - tanggal haid = + hari... Atau
Tanggal haid - tanggal sekarang = - hari....

Sebagai contoh:

Hari ini : 10 oktober 2012
Rizka, 22 tahun baru saja menikah, dan mendapati dirinya tidak haid lebih dari beberapa bulan, setelah melakukan pemeriksaan test pack ditemukan hasilnya positif. Berapakah usia kehamilan rizka?
Data yang diperlukan adalah HARI PERTAMA HAID TERAKHIR RIZKA.
Rizka terakhir kali haid bulan juli, hari pertama haid adalah tanggal 8 juli 2012. Rizka haid secara
teratur setiap bulan dengan jarak antar haid 28-30 hari maka usia kehamilan rizka saat ini adalah:


Oktober - juli = 3 bulan = 12 minggu+1minggu = 13 minggu
Tanggal 10 - tanggal 8 = 2 hari
Berarti usia kehamilan rizka sekarang adalah 13 minggu 2 hari

Contoh lain:
Susi, 23 tahun, haid terakhirnya 24 maret 2012. Berapa usia kehamilannya sekarang?
Oktober - maret = 7 bulan = 28 minggu + 2 minggu = 30 minggu
Karena tanggal pertama haid 24 sementara saat ini baru tanggal 10 maka
24-10=14 hari = 2 minggu
30 minggu - 2 minggu = 28 minggu.

Perlu diingat rumus ini hanya berlaku bagi perempuan yang haid atau menstruasi secara teratur setiap bulan. Teratur bukan berarti mens pada tanggal yang sama, namun mens dengan jarak 21-35 hari sebelum mens berikutnya.

Bagaimana, sudah dapat menghitung usia kehamilan anda saat ini? :)
Bagaimana bila haid saya tidak teratur? Atau saya lupa kapan bulan terakhir saya mens?

Berikut adalah patokan yang digunakan untuk menentukan usia kehamilan


1. Benjolan pada perut
Kehamilan akan membuat rahim anda menjadi bertambah besar, namun pembesaran rahim itu tidak dapat anda sadari langsung pada hari pertama kehamilan, melainkan setelah rahim tersebut membesar hingga menonjol ke bagian perut. Kapankah itu? Itu adalah saat usia kehamilan Anda 16 minggu atau 4 bulan. Jadi bagi Anda yang lupa, silahkan coba mengingat kapan Anda mulai merasa perut bawah Anda membesar. Mungkin saat itu adalah minggu ke 16 kehamilan

2. Gerakan janin
Apakah Anda ingat kapan Anda merasa ada sesuatu yang menendang perut Anda? Bisa jadi itu adalah gerakan janin Anda. Pda ibu yang baru pertama kali hamil, gerakan janin ini terjadi pada usia kehamilan 18-20 minggu, sedangkan pada ibu yang pernah hamil sebelumnya gerakan ini dapat dirasakan pada usia kehamilan 16 minggu. Jadi ingatkah kapan janin Anda bergerak pertama kali?

3. Beta HCG
Apakah Anda termasuk perempuan yang sering melakukan test pack? Sesungguh test pack Anda  mendeteksi keberadaan hormon kehamilan pada diri Anda, biasanya hormon ini baru dapat dideteksi pada hari ke 23 kehamilan. Jadi bila Anda rutin melakukan test pack setiap hari, dan pada suatu hari hasil tersebut berubah menjadi positif, Anda bukan pertama kali hamil, melainkan kehamilan Anda telah berusia 14-25 hari saat ini.

4. Mual muntah
Yap! Mual muntah dapat membantu Anda memprediksi usia kehamilan Anda saat ini. Bagaimana caranya? Yang perlu Anda ingat adalah kapan terakhir kali Anda merasa mual muntah yang hebat? Kapan mual muntah itu hilang? Apabila Anda telah menemukan jawabannya, maka saat tersebut adalah saat usia kehamilan Anda 16-20 minggu atau 4-5 bulan. Kenapa bisa begitu? Karena sesungguhnya mual dan muntah pada awal kehamilan sangat dipengaruhi oleh hormon yang dihasilkan plasenta. Saat plasenta telah terbentuk lengkap yakni pada usia 16-20 minggu.

5. Tinggi rahim (tinggi fundus uteri/TFU)
Anggaplah ini cara pamungkas bila Anda tidak ingat bulan mens terakhir, tidak juga ingat kapan benjolan pertama kali terasa, dan lupa kapan gerakan pertama kali. Cara ini adalahbdengan mengukur ketinggian rahim Anda saat ini. Cermati hal berikut:
Bila ketinggian rahim Anda sekarang
Setengah dibawah pusat : 16 minggu
Tepat sepusat : 24 minggu
Sepertiga bawah diantara pusat dan ujung tulang taju pedang (prosessus xyphoideus) : 26 minggu
Pertengahan antara pusat dan ujung tulang taju pedang : 32 minggu
Satu sampai tiga jari dibawah ujung tulang taju pedang : 36 minggu

Tapi bila Anda merasa pernah setinggi itu namun telah turun, bisa jadi kehamilan Anda telah berusia lebihdari 36 minggu, karena normalnya, semakin dekat dengan waktu kelahiran tinggi rahim akan menurun. Dengan kata lain, seseorang yang berusia kehamilan 37-38 minggu, tinggi rahimnya dapat sama dengan orang yang berusia 34 minggu.
Namun hal ini juga tidak dapat menjadi penentu pasti usia kehamilan Anda yang sebenarnya. (Tetapi mendekatilah)

Lalu bagaimana cara menentukan usia kehamilan yang sebenarnya?
Jawabannya adalah USG.
Apakah USG akan menjamin secara pasti? Tidak. Namun, usia kehamilan yang ditentukan dari USG trisemester pertama (0-12 minggu) memiliki sensitifitas yang tinggi sehingga tingkat kesalahannya hanya 10 %.
Hasil perkiraan usia kehamilan dari USG yang dilakukan saat hamil tua tidaklah sensitif, tingkat kesalahannya 30%. Tetapi hal ini lebih baik daripada tidak pernah USG sama sekali.

Jadi apabila anda hamil segeralah melakukan USG untuk mengetahui usia kehamilan Anda, keadaan janin Anda sekarang, dan apakah terdapat kecacatan di dalamnya.
Mari menjaga kehamilan
Reaksi:

3 komentar:

  1. mbak saya masih ragu nih,saya merit tgl 20 November haid terahir tgl 19 Nov. jadi usia kehamilan saya sekarang brapa ya ?
    soalnya dokter menghitung haid terakhir saya bulan oktober,
    atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.salam.

    ReplyDelete
  2. begitu ya caranya, thanks dah share ya :)

    ReplyDelete