Saturday, October 13, 2012

Persiapan Sebelum Hamil

Tulisan ini dibuat untuk para perempuan yang ingin hamil. Kenapa tulisan ini perlu dibuat? Karena fakta di lapangan perempuan banyak tidak mengetahui mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum hamil? Kualitas masa kehamilan akan menentukan kualitas keturunan. Oleh karena berbicara tentang kualitas, tentu kita perlu persiapan yang matang bukan?
Apa saja?

1. Cek HbSAg ke dokter
Apa itu HbSAg? Adalah antibodi terhadap virus hepatitis. Seorang ibu yang ingin hamil harus memeriksakan dirinya, apakah ia telah memiliki antibodi terhadap virus ini? Bila iya, dia boleh hamil. Namun bila tidak, sebaiknya diberi vaksin terlebih dahulu karena apabila seorang ibu hamil terkena virus hepatitis maka sang janin juga akan terkena virus ini. Tentu Anda tidak ingin bayi anda terkena hepatitis saat usianya baru 1 hari bukan? Maka, pastikan calon ibu memiliki antibodi virus ini sebelum hamil. Cukup dengan pergi ke dokter dan lakukan tes darah.

2. Cek antibodi terhadap rubella

Virus rubella ini sebenarnya tidak berbahaya bila mengenai perempuan yang tidak hamil, namun bila virus ini menyerang perempuan hamil akibatnya akan berbeda. Janin Anda akan menderita gangguan pendengaran, gangguan mata, dan gangguan jantung di usia anak-anak. Untuk menghindari hal ini maka pastikan setiap perempuan yang ingin hamil melakukan cek antibodi terhadap rubella, bila ia belum punya antibodi tersebut maka ia wajib divaksin terlebih dahulu. Jarak dari vaksin dan kehamilan yang diperbolehkan adalah sekitar 2 minggu. Bila ia telah punya antibodi tersebut maka ia boleh hamil.

3. Siapkan asupan folat anda!
Pada awal kehamilan, bagian yang pertama kali terbentuk pada janin adalah sistem saraf pusat (OTAK dan medulla spinalis). Dalam masa pembentukan otak ini, sangat dibutuhkan kadar asam folat yang tinggi. Oleh karena itu, apabila anda berencana untuk hamil, sebelum terbukti hamil anda sudah harus banyak makan maknan yang mengandung asam folat, sehingga bila janin terbentuk, asupan folat yang selama ini anda makan cukup untuk kebutuhan janin membuat otaknya. Pastikan bahwa dalam 3 bulan pertama kehamilan anda mencukupi kebutuhan folat ibu hamil. Dari mana sumber asam folat itu? Sayuran hijau seperti bayam, ada pula suplemen khusus ibu hamil yang berisi folat. Ingat! Jangan mulai minum folat hanya saat anda telah hamil, tapi mulailah segera saat anda berencana untuk hamil.
Apabila kebutuhan folat ini tidak tercukupi, bayi anda akan terlahir dengan gangguan otak bahkan bisa sampai tidak terbentuknya otak! 
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment