Monday, December 3, 2012

Cara Mendiagnosa Diabetes Secara Mandiri


Cara mendiagnosis diabetes secara mandiri
Beberapa hal yang membuktikan Anda terkena diabetes adalah:
  1. Jika terdapat beberapa keluhan (sering pipis tengah malam, mudah merasa haus, mudah lapar atau lebih sering ngemil, dan badan terasa lemas) disertai dengan pemeriksaan gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dL.
  2. Jika pemeriksaan gula darah puasa Anda lebih dari 126 mg/dL disertai keluhan klasik (yang saya sebut di atas). Puasa dalam hal ini berarti Anda belum makan apapun atau minum manis apapun (teh manis, susu, minuman yang mengandung gula) dalam waktu 8 jam. Jadi:

a.      banyak sekali apotik, lab, atau center kesehatan yang menyediakan pemeriksaan gula darah sewaktu ini jadi ayo proaktif periksakan diri. Pemeriksaan ini tidak perlu puasa atau persiapan khusus lainnya, sekarang pun Anda bisa langsung periksa. Tidak sakit, hanya tusukan kecil jarum seperti digigit semut.
b.      Bila Anda memeriksakan diri saat ini (Anda dalam keadaan tidak puasa) maka patokan Anda menderita diabetes atau tidak adalah gula darah yang lebih dari 200 mg/dL. Namun, bila Anda memeriksakan diri (Anda dalam keadaan berpuasa lebih dari 8 jam) patokan Anda menderita diabetes atau tidak adalah gula darah yang lebih dari 126 mg/dL). Ingat harus disertai keluhan klasik. Bila Anda tidak merasakan keluhan klasik tersebut namun gula darah Anda termasuk kategori di atas, cobalah cara ketiga

3. Cek ter toleransi glukosa oral Anda (TTGO). Untuk yang satu ini Anda harus pergi ke dokter. Cara pemeriksaannya adalah :
a.       Satu hari sebelum pemeriksaan, Anda melakukan puasa (misalnya sejak jam 11 malam sudah tidak makan dan minum apapun lagi, kecuali air putih)
b.      Pagi harinya saat bertemu dokter, gula darah Anda akan diperiksa.
c.       Kemudian Anda akan diberikan glukosa 75 gram yang dilarutkan dalam 250 ml air, dan Anda diminta menghabiskannya dalam waktu 5 menit.
                                                               i.      Pada beberapa center kesehatan, glukosa 75 gram ini harus Anda beli dulu sebelumnya di Apotik.
d.      Dua jam setelahnya, kadar glukosa Anda akan kembali diperiksa.
e.      Selama pemeriksaan Anda tidak boleh merokok.

Hasilnya: Anda dinyatakan diabetes apabila setelah 2 jam minum air gula tersebut kadar gula darah Anda di atas 200 mg/dL.

Jangan senang dulu, bila gula darah Anda berkisar (140-199) Anda termasuk dalam golongan toleransi glukosa terganggu (TGT). Bila hasil tes glukosa darah puasa Anda berkisar (100-125 mg/dL) Anda termasuk dalam golongan Gula Darah Puasa Terganggu (GDPT).

Sumber : Konsesus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Indonesia. 2011. Oleh Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment