Monday, December 24, 2012

Pentingnya vaksin HPV

Kanker serviks saat ini menjadi pembunuh no.2 di dunia. Penyebab utamanya adalah infeksi virus HPV. Virus ini memiliki berbagai tipe namun yang menjadi penyebab kanker serviks adalah tipe 16 & 18. Hal yang sangat disayangkan adalah kanker ini masih terus menjadi pembunuh para perempuan padahal telah tersedia vaksin.

Permasalahannya bukan ketidakefektifan dari vaksin melainkan ketidaktahuan, kurangnya kesadaran, serta harga vaksin yang teralu mahal. Padahal coba dengar cerita saya,...

Seorang perempuan datang ke IGD kandungan dan kebidanan, ia mengeluh terjadi perdarahan dari
vaginanya. Perdarahan ini cukup banyak hingga ia merasa perlu untuk datang malam itu juga. Dalam wawancara diketahui bahwa selama ini ia sering merasa nyeri dan berdarah saat berhubungan. Setelah pemeriksaan  vagina diketahui bahwa ia menderita kanker serviks stadium III. Kanker ini pun ternyata menyerang ke anus yang menimbulkan susah buang air besar hingga nyeri yang begitu hebat. Penampakannya lesu, lemas, dan begitu tidak terawat. Kanker telah mengambil setengah berat badannya yang awalnay sudah kurus. Pengobatan pun dimulai kemoterapi dan radiasi dikombinasi agar ia sembuh, selama dalam pengobatan kemoterapi ini bukanlah hal sederhana, ia harus berjuang melawan rasa mual hebat akibat pengaruh obat kemoterapi. Penderitaan yang tidak sederhana.

Apa yang saya tangkap dari peristiwa ini? Yang pasti peristiwa ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika ia melakukan vaksin kanker serviks. 1,5 - 1,8 juta harusnya bukan uang besar bila sudah berkaitan dengan nyawa. Apalah arti menambung beberapa bulan untuk sebuah vaksin HPV dibandingkan harus menderita bertahun-tahun atau bahkan meninggal akibat kanker serviks, sebuah kanker yang BISA DICEGAH.

Apabila Anda adalah seorang suami yang peduli pada istri dan sepakat bahwa kesehatan adalah suatu hal yang primer, segera ajak dia ke pusat kesehatan terdekat dan lakukan pemeriksaan kandungan, apabila belum ada lesi prakanker segera berikan vaksin HPV dan istri Anda akan mendapat perlindungan selamanya.

Apabila Anda seorang laki-laki dan ingin menikah, sarankan atau pastikan pasangan Anda telah vaksin HPV minimal 3 bulan sebelum menikah. Tentu Anda tidak ingin istri yang seharusnya mengurus Anda berbalik kondisi menjadi Anda yang harus mengurus istri karena ia dalam keadaan lemah terserang kanker serviks? Atau bahkan Anda tidak bisa punya keturunan karena sang istri harus dilakukan pengangkatan rahim. Semua hal ini bisa dicegah hanya dengan langkah sederhana, pergilah untuk melakukan vaksin HPV

Apabila Anda adalah orangtua atau mertua dari seorang perempuan yang telah menginjak usia dewasa dan aktif seksual, jangan tunda. Segera pergi ke Puskesmas atau RS setempat untuk mendeteksi adanya kanker rahim, bisa dilakukan secara sederhana dengan tes IVA. Apabila telah dipastikan anak atau menantu kesayangan Anda tidak memiliki kanker, yakinkan ia untuk vaksin HPV. 

Vaksin ini tidak berbahaya, cukup 1 kali seumur hidup. Dibagi dalam 3 kali suntik, di otot. Untuk sebuah kesehatan bahkan nyawa saya yakin harga 1,5-2 juta bisa Anda usahakan demi keamanan masa depan. Ingat kanker ini menyerang perempuan manapun khususnya mereka yang aktif secara seksual, jadi tunggu apalagi, segera vaksin!

Untuk tambahan informasi bagi Anda yang berada di Jakarta bisa melakukan vaksin di salah satu klinik yang saya percayai. Silahkan klik di sini
Untuk yang di luar kota, di RS terdekat tentu tersedia vaksinasi HPV.

Sekali lagi saya ingatkan, harga vaksin 1,5 juta sd 2 juta masih jauh lebih murah daripada biaya kemoterapi dan radiasi, dan yang terpenting, kesehatan Anda jauh lebih mahal dibandingkan harga tersebut. Menabunglah karena ini demi kesehatan Anda pribadi.

Seorang pasien saya menyatakan penyesalan yang mendalam setelah terkena kanker serviks. Bukan karena ia tidak mampu beli vaksin, bukan pula karena ia tidak tahu, ia permah mendengar seputar vaksin ini hanya saja saat itu dia berpikir "ah kayaknya belum perlu" hingga akhirnya kanker datang lebih dulu sebelum ia yakin bahwa vaksin HPV mutlak diperlukan setiap perempuan yang aktif secara seksual. Penyesalan selalu datang terlambat.

Ingin Vaksinasi HPV di Jakarta? Hub: Rizka 0856 788 2580

Baca juga
Ayo Vaksin MMR para calon Ibu
Ayo Vaksin Hepatitis B para calon Ibu
Belum pernah kena cacar air? Vaksin Varisella Sekarang!

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment