Wednesday, January 16, 2013

Belum Pernah Kena Cacar Air? Mending Vaksin Sekarang!

Varisela adalah sebuah virus yang menyebabkan cacar air. Bagi seseorang yang sudah pernah terkena cacar air, tubuh akan membentuk antibodi sehingga ia bisa aman dari serangan kedua, namun untuk mereka yang belum pernah terkena cacar air, vaksin ini sangat dianjurkan, bahkan untuk perempuan yang akan hamil menjadi salah satu kewajiban. Penasaran kenapa?

Varisella zoster biasanya menyerang anak-anak namun virus ini juga bisa menyerang orang dewasa termasuk ibu hamil. Pada anak-anak infeksi ini akan sembuh dalam waktu seminggu sampai dua minggu, namun pada orang dewasa infeksi ini bisa jadi berbahaya. Infeksi varisela pada orang dewasa 25 kali lipat lebih berbahaya sehingga setiap orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air saat kecil, meskipun Anda tidak akan hamil atau belum merencanakan kehamilan disarankan melakukan vaksinasi varisela. Sebenarnya bahayanya?

Infeksi varisella pada ibu yang tengah hamil tiga bulan pertama dapat menyebabkan kecacatan bawaan pada anak. Pada masa ini sedang terjadi pembentukan sistem saraf termasuk otak. Tidak hanya itu, infeksi yang terjadi setelah tiga bulan pertama juga berbahaya karena bisa membuat anak Anda lahir dengan berat badan rendah, mengalami keterbelakangan mental, dan kelainan pada mata.

"sekarang saya telah hamil 9 bulan, apakah anak saya aman dari kelainan di atas meskipun terkena virus ini...?" jawabannya adalah tidak. meskipun Anda telah hamil tua, infeksi ini bisa menular saat Anda sedang melahirkan. Tegakah Anda membayangkan seorang bayi baru lahir harus terkena cacar air? Oleh sebab itu, lakukan vaksinasi sekarang juga.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa pada usia kehamilan berapapun virus ini mengancam kesehatan janin Anda. 

Pertanyaanya apakah hanya janin Anda yang terancam? bagaimana dengan Anda?
Anda pun terancam. Ibu hamil yang terkena cacar air berisiko terjadi pnemonia (radang paru) cacar air, penyakit ini bisa berakibat parah hingga mengancam jiwa.

virus ini menyebar dengan mudah melalui udara, bahkan Anda bisa tertular hanya karena batuk ataupun bersin. Biasanya penderita akan merasa demam, lemas, dan nyeri kepala. Selanjutnya akan timbul lenting kemerahan pada badan yang sangat gatal. 

Pencegahan penyakit ini sekali lagi dilakukan dengan vaksinasi, seseorang yang tidak memiliki imunitas terhadap penyakit ini sebaiknya diberikan dua dosis vaksin. 

Berdasarkan buku pedoman imunisasi, vaksin ini diperuntukan bagi:
1. Seseorang yang belum pernah terinfeksi varisella (terkena cacar air)
2. Perempuan yang memiliki rencana hamil
3. Petugas kesehatan
4. Hidup satu rumah dengan anak-anak
5. Berencana berpergian ke luar negeri

"Tetangga saya ada yang sudah vaksin, tapi kok masih terkena ya?"
Hal ini sebetulnya jarang terjadi, namun kalaupun terjadi apakah vaksin ini bersifat sia-sia? jawabannya adalah tidak. Mengapa? karena vaksin ini berisi antibodi untuk tubuh atau dengan kata lain memberikan pertahanan tubuh, jadi infeksi tersebut akan lebih berbahaya bila orang itu tidak pernah divaksin. Dengan vaksin ini, infeksi yang terjadi akan lebih ringan dan tidak mematikan, Dengan kata lain, vaksin ini tetap bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya cacar air maupun mengurangi keparahan yang bisa terjadi. 

"Saya telah hamil, tetapi belum melakukan vaksinasi varisella, apakah saya boleh vaksin?"
Sayang sekali, jawabannya tidak. Ibu hamil tidak boleh diberikan vaksinasi ini. Selain itu, perempuan yang berencana hamil 1 bulan ke depan pun juga tidak boleh diberikan vaksin maka lakukanlah vaksinasi varisela dari jauh-jauh hari sebelum Anda merencanakan kehamilan.

Jadi, ayo vaksin sekarang juga!

Ingin Vaksin Varisela untuk mencegah cacar air di Jakarta? Hub: Rizka 0856 788 2580. 

Baca Juga
Kewajiban Vaksinasi MMR untuk Calon Ibu
Kewajiban Vaksinasi Hepatitis untuk Calon Ibu
Mari berhemat dengan vaksinasi tifoid
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment