Friday, February 8, 2013

Perlukah Anda Vaksin Meningokokus?

Perlukah Anda Vaksin Meningokokus?

Neisseria meningitidis atau biasa disebut meningokokus merupakan bakteri yang sering menginfeksi otak kita dan bersifat mematikan. Bakteri ini sering menginfeksi anak berusia 5 tahun ke bawah. Umumnya infeksi terjadi usia satu tahun pertama, paling banyak terjadi pada usia tujuh bulan.
Bakteri ini menular melalui kontak langsung dengan jarak hingga satu meter. Bakteri ini umumnya menghinggapi daerah hidung dan faring kita. Saat jumlahnya telah cukup banyak dan kondisi imun tubuh sedang menurun, koloni bakteri ini bisa menyebar dan menginfeksi otak kita sehingga menyebabkan meningitis. 


Gejala infeksinya timbul dengan cepat, bahkan bisa meninggal hanya dalam waktu 24 jam setelah terinfeksi. Gejala umumnya berupa rasa mengigil, demam, mual, muntah, dan sebagainya. Berbahayanya vaksin ini menyebabkan para orangtua melakukan vaksinasi meningokokus terhadap anak mereka sebagai proteksi tambahan.

Selain untuk si anak, vaksin meningitis ini juga diberikan kepada orang dewasa, khususnya di kalangan para calon jemaah haji. Ya! Vaksin ini sangat direkomendasikan, karena di tempat Ibadah Haji akan berkumpul lebih dari 30 juta umat manusia dari seluruh dunia sehingga penularan dapat saja terjadi. Kuman ini banyak sekali menginfeksi orang-orang Afrika.

Siapa orang yang memerlukan vaksin meningokokus ini?
  1. Mahasiswa yang baru tinggal di asrama
  2. Petugas lab yang sering terpapar N.Meningitidis
  3. Bertugas di daerah endemis
  4. Orang yang akan melakukan ibadah haji.
  5.  Mengalami penurunan imun.
Terdapat dua jenis vaksin meningokokus yang ada di Indonesia yakni vaksin meningokokus polysakarida dan vaksin meningokokus konjugat. Vaksin meningokokus polysakarida dapat diberikan untuk usia berapapun dan mampu memberikan pelrindungan sebanyak 90-95%. Pada anak kurang dari 5 tahun, vaksin ini dapat melindungi selama 1-3 tahun, sedangkan pada remaja dan dewasa dapat melindungi selama 3-5 tahun. Berbeda dengan vaksin polysakarida, tipe vaksin meningokokus konjugat ini hanya untuk usia 11-55 tahun.  Perlu diketahui bahwa saat ini BPOM meyarankan individu usia 11-55 tahun untuk melakukan vaksinasi. Dosis tunggal untuk pertama kali, kemudian diulang setiap 5 tahun. Efek samping dari vaksin ini minimal. Lindungi diri kita dari meningokokus sekarang!

Anda Ingin melakukan vaksinasi meningokokus di Jakarta? Hub: Rizka 0856 788 2580

Baca Juga:


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment