Friday, March 1, 2013

Mengenal Domain dan Hosting dan Cara Membeli

Sedikit berbagai info tentang tempat membeli domain dan hosting. Sebelumnya saya ingin menginformasikan Apa itu domain? domain itu adalah alamat web seperti BeliObatOnline.com, medicinesia.com, hizmedia.com, takotaki.com, dll

setiap domain itu unik, hal ini berarti, tidak akan ada domain yang sama. Kalaupun sama ujungnya pasti beda, contoh bisnis.com, bisnis.net, dll. Ada identifikasi sendiri akan arti belakang nama domain, contoh [dot]com berarti untuk komersial, [dot]org berarti untuk organisasi, [dot]edu berarti dari universitas atau tempat belajar formal, [dot]gov berarti government atau situs resmi milik pemerintah.

Domain ini penting sekali karena akan menunjukan profesionalitas dari si pemilik, dan orang akan lebih mudah mengingatnya. Terlihat lebih serius dibandingkan Anda menggunakan domain gratis seperti jualancika.blogspot.com atau xxxx.wordpress.com

Domain ini dibeli, Anda bisa membelinya di berbagai macam tempat, namun tempat yang saya rekomendasikan adalah hizmedia.com dan dijaminmurah.com. Saya menaruh hizmedia.com lebih awal sebab selain karena pelayanannya ramah harganya murah, setiap orang mau donk dapat pelayanan dan kualitas bagus dengan harga terbaik?

Nah cara membeli domain ini bagaimana?
Mudah, saat Anda akan membeli domain bisa ditentukan dulu apakah Anda membutuhkan hosting. Pertanyaannya apa itu hosting?
Kalau saya ibaratkan domain itu nama toko, hosting itu rukonya (tempatnya), jadi tergantung apakah Anda memerlukan ruko pribadi atau tidak.

Contoh:
BerbagiManfaat.com ini adalah domain (nama toko), dan tidak perlu hosting (ruko) sebab ruko saya adalah blogspot. Domain asli blogspot ini adalah dokterrizy.blogspot.com, namun karena kurang bagus saya beli domain berbagimanfaat.com. Kalau Anda ketik dokterrizy.blogspot.com pasti yang keluar adalah berbagimanfaat.com.

Kesimpulannya: Kalau Anda sudah punya rukonya (blogspot, wordpress, tumblr, dll) ga perlu lagi beli hosting, cukup domain. Blogspot, wordpress itu juga menyediakan nama toko secara gratis, tapi harus ada embel-embeli blogspot atau wordpressnya, seperti dokterrizy.blogspot.com

Tapi kalau melihat BeliObatOnline.com punya saya, saya perlu beli domain dan hosting. Karena saya perlu sebuah nama toko dan ruko. BeliObatOnline.com ini menggunakan platform opencart (tempat yang emang khusus untuk jualan online, kalau mau bikin toko online opencart juga boleh langsung menghubungi saya ya. Dijamin Murah, hehe). Nah Opencart ini tidak menyediakan ruko gratis sehingga saya perlu beli ruko atau hosting di hizmedia.com tempat favorit saya.

Bagaimana cara membeli domain dan hosting?
1. Buka Hizmedia.com
2. Pilih lokasi servernya Indonesia (lebih baik kalau Anda memiliki market orang Indonesia)
3. Pilih saja paketnya, ada domain saja dan domain+hosting
4. Kalau bingung langsung Add pin BB CPnya orangnya baik-baik dan ramah sekali, terus juga mudah membantu

Nah, sekian ya. Kesimpulannya:
1. Kalau mau beli domain dan hosting, saran saya beli ke hizmedia.com
2. Kalau mau bikin toko online kayak BeliObatOnline.com hubungi saya Rizka 0856 788 2580
    (Biaya murah 800.000an)
3. Kalau mau beli obat online belilah ke beliobatonline.com karena terjamin kualitasnya, pasti dikirim
    dan Anda terbebas dari penipuan online.


Reaksi:

2 komentar:

  1. ternyata gampang ya gan membeli domain sama hosting,
    makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Domain siih domain..tapi kox buat flashnya pake yg gratisan di headernya ituuuh . ada flashvortex.com.........:p

    ReplyDelete