Tuesday, June 11, 2013

Buerger's disease hadiah untuk perokok

Oleh Rizka Hanifah

Buerger's disease atau Thromboangiitis Obliterans adalah salah satu penyakit yang umum dijumpai pada kelompok perokok berat. Penyakit ini ditandai dengan radang pada pembuluh darah yang bersifat oklusif atau membentuk sutau sumbatan. Biasanya penyakit ini menyerang laki-laki, yang berusia di bawah 40 tahun. 

Ada tiga gejala klinis yang cukup khas pada penyakit ini, yakni klaudikasio eksremitas (Rasa nyeri saat menggerakan kaki atau tangan, dan membaik dengan istrahat. Contoh: Nyeri saat berjalan, nyeri saat beraktifitas dengan tangan). Kedua fenomena Raynaud's yang ditandai dengan iskemia digital episodik (perubahan warna merah menjadi biru pada jari-jari tangan atau kaki yang diikuti sensasi dingin, kemudian akan kembali hangat). Selain itu dapat terjadi tromboflebitis vena superfisial yang berpindah-pindah (radang pada pembuluh darah vena yang menyebabkan nyeri pada lokasi pembuluh darah yang terkena. biasanya nyeri terjadi beprindah-pindah)


Pada pemeriksaan fisis dapat ditemukan penurunan pulsasi (kekuatan nadi) pada daerah yang terkena. Penurunan aliran darah ini selanjutnya dapat menyebabkan kematian jaringan sehingga penderita berisiko diamputasi

Pengobatan:
Hal pertama yang harus dilakukan adalah hentikan rokok Anda secara bertahap (Total lebih baik). Penggunaan antikoagulan dna glukokortikoid dianggap kurang membantu.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment