Monday, June 17, 2013

Cara Tepat Mengobati Panu

Tulisan ini dibuat karena banyaknya praktik pengobatan panu yang kurang tepat. Nah mari dibaca baik-baik ya.

Siapa sih yang mau terkena panu? Siapa pula yang tidak kenal panu?

Panu merupakan suatu penyakit yang memiliki khas bercak putih atau coklat hitam yang umum ditemukan pada ketiak, lipat paha, lengan atas, leher, muka, hingga kulit kepala. Biasanya bercak ini gatal namun bersifat ringan, pada sebagian orang tidak gatal sama sekali.  Nah sebenarnya panu ini  adalah penyakit yang diakibatkan oleh jamur, Malassezia furfur.

Siapa Malassezia furfur ini?
Malassezia furfur ini adalah bentuk spora dari flora normal kulit ptyriasis orbiculare. Nah, sebenarnya jamur ptyriasis orbiculare ini dapat ditemukan di kulit kita, hanya saja ia dapat berubah menjadi panu bila seseorang mengalami defisiensi imun, atau karena pengarus suhu, kelembapan, dan keringat yang berlebihan.

Jadi jelas bahwa salah satu cara mencegah panu adalah:

1. Tingkatkan imunitas tubuh dengan cukup istirahat, cukup makan, dan hidup sehat
2. Hindari kelembapan berlebihan. Gunakan kaos dalam, rajin cuci muka. Contoh: Panu sangat suka di lipat paha sebab daerah tersebut sering kali lembab, atau panu muncul di badan orang yang suka berkeringat, karena tidak memakai kaos dalam sehingga keringat tidak diserap. Panu juga muncul di wajah mereka yang jarang cuci muka karena wajah lembab berkeringat. 

Bagaimana cara membuktikan bahwa bercak itu adalah panu?
Cara membuktikannya adalah dengan melihat perubahan warna bercak tersebut di lampu wood (sebuah lampu khusus). Warna bercak putih atau coklat tersebut akan berubah menjadi kuning keemasan. Selain itu, bila dilihat di bawah mikroskop dengan cairan KOH 20% akan terlihat bentuk campuran hifa pendek dan spora yang bulat.

Bagaimana cara pengobatannya?
Untuk yang terkena panu di kulit kepala dapat digunakan sampo selenium sulfide 1,8% (merek di pasaran sampo selsun). Sampo ini dapat digunakan 2-3 kali seminggu. Selain itu, bila bercaknya bukan di kulit kepala, Anda juga perlu membeli sampo tersebut namun penggunaannya adalah dengan mengoleskannya ke bercak tersebut 15-30 menit sebelum mandi.
Atau....
Silahkan membeli obat seperti ketokonazole yang tersedia dalam bentuk salep dan tablet. Bila bercaknya hanya sedikit silahkan menggunakan salep yang dioleskan. Bila lokasi bercak cukup banyak, belilah tabler ketokonazole 200 mg diminum 1 x per hari. Nah kelemahannya pengobatan tablet ini harus tetap diberikan hingga 2 minggu setelah dinyatakan sembuh. Kenapa? karena dapat mencegah kekambuhan kembali.

Tidak hanya itu, pengobatan di atas akan percuma bila Anda tidak merubah gaya hidup, seperti berjanji akan menggunakan kaos dalam dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Selain itu akan menjaga daerah lipatan seperti paha dan ketiak untuk tetap kering.

Oleh Rizka Hanifah S.Ked
Sumber : Budimulja U. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi ke-5. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment