Tuesday, June 18, 2013

Penyakit Gatal di Selangkangan

Pernahkah Anda mengalami gatal yang sangat hebat di selangkangan?Atau gatal hebat di lipat payudara? Apakah bewarna merah? dengan batas yang jelas? Kalau iya, maka kemungkinan besar Anda terkena KANDIDIASIS

Apa itu Kandidiasis?
Kandidiasis atau kandidosis adalah infeksi jamur pada kulit akibat Candida albicans. Jamur ini atau candida sebenarnya bisa ditemukan pad akulit yang normal, hanya saja dia bisa berubah menjadi suatu penyakit yang sangat mengganggu bila bertemu dengan kondisi berikut:


1. Hamil
2. Kegemukan
3. Gangguan hormon (DM atau sakit gula)
4. Memiliki penyakit kronik seperti TB, dll
5. Peningkatan kelembapan
6. Kebersihan kulit yang buruk
7. dll

Nah bila Anda mengalami kandidiasis, silahkan dinilai manakah penyebab yang sesuai dengan diri Anda?

Umumnya pasien disebabkan oleh kebersihan kulit yang buruk serta kelembapan yang tinggi. Kelembapan yang tinggi ini bisa terjadi pada mereka yang sering menggunakan celana jeans ketat sehingga daerah selankangan menjadi kurang udara dan lembab. Selain itu daerah seperti lipat payudara dan liat ketiak sering kali basah karena keringat yang lama-lama menyebabkan jamur ini menjadi banyak dan membuat gatal yang sangat hebat.

Hal yang paling penting adalah menyadari apa penyebab terjadinya kandidiasis pada Anda sebab hanya dengan minum obat namun gaya hidup Anda tidka dirubah maka hal penyakit ini hanya akan timbul berulang. Tidak ingin gatal terus menerus bukan? Maka dari itu, sadari dari sekarang.

Setelah Anda menyadari dan berkomitmen untuk berubah, sekarang apa obatnya?
Obatnya antara lain kotrimazol 500 mg per vaginam dosis tunggal. Obat ini berbentuk seperti roket yang cara penggunaannya adalah dengan memasukan obat tersebut ke dalam vagina Anda. Dosis cukup satu kali.
Bila Anda risih dan bingung, bisa digunakan:
1. Ketokonazole 2 x 200 mg tablet selama 5 hari, atau..
2. Itrakonazole 2 x 200 mg tablet dosis tunggal (sekali minum total 400 mg),
3. Flukonazole 150 mg dosis tunggal atau sekali minum.

Pilihlah 1 dari keempat obat di atas. Selanjutnya hindari faktor-faktor risiko, dengan demikian Anda bisa mencegah Kandida atau Jamur penyebab gatal di selangkangan.
Reaksi:

1 komentar:

  1. sangat informatif, makasih ya infonya bu dokter :)

    ReplyDelete