Saturday, September 21, 2013

Glutathione Pemutih Kulit? Benarkah?

Sepertinya sudah sangat marak dimana-mana tentang pemutih berisi glutathione ini. Dikemas dalam berbagi merek dan dijual di pasaran. Indonesia memang pasar yang sexy perihal pemutih ini. Pertanyaannya adalah betul tidak glutathione bisa memutihkan kulit?

Berdasarkan pencarian riset-riset terbaru dan literatur informasi tentang glutathione pun mulai banyak beredar.

Sebuah penelitian acak, dengan sistem double-blind (peneliti dan responden sama-sama tidak tahu), meneliti tentang perbedaan efektifitas glutathione dan placebo (barang kosong)

Penelitian ini melibatkan 60 peserta yg dibagi 2 kelompok secara acak. Kelompok peminum glutathione dan peminum placebo. Untuk menghindari peran sugesti dll, sistemnya dibuat double-blind, baik peneliti dan peserta tidak mengetahui kandungan apa yang mereka minum. Kemudian hasilnya dilihat dalam 4 minggu.

Penasaran dengan hasilnya?
Yap! Terbukti terdapat perbedaan yang nyata antara mereka yang mengkonsumsi glutation 500mg/hari dengan mereka yang tidak mengkonsumsi.

Apa perbedaannya?
Pada orang yang mengkonsumsi glutathione terdapat penurunan jumlah melanin di 6 tempat berbeda, selain itu UV spot pada pengguna glutathione pun lebih rendah.

Kesimpulannya?
Jadi berdasarkan penelitian di atas, memang glutatione yang diminum 500mg/hari selama 4 minggu dapat menunjukan hasil yang berbeda dengan mereka yang tidak minum. Glutathione ini bekerja sebagai melanotoxicity atau mengganggu metabolisme melanin. Karena pemakaiannya yang sistemik (diminum bukan dioles wajah) efek skin whitening pun bisa lebih terasa menyeluruh.

Eits, tapi ingat, ini baru 1 buah penelitian yang baik, belum banyak penelitian yang membuktikan. Selain itu, jumlah peserta risetnya kecil hanya 60 orang, masih dibutuhkan riset lain dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Tentang efek samping glutathione ini juga belum banyak diriset sehingga efek jangka panjangnya belum diketahui.

Nah.. Sekarang keputusan tetap ada pada pembaca :) selamat mengambil keputusan!
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Reaksi:

1 komentar:

  1. woow ! Very interesting post I like your website keep up the great posts
    College Term Papers Services

    ReplyDelete