Sunday, November 24, 2013

Sakit Kepala Karena Vertigo

Vertigo bukan hal yang asing bagi sebagian orang, namun penyakit ini sering kali tertukar dengan sakit kepala biasa. Dimanakah letak perbedaannya?

Vertigo adalah pusing berputar. Penderita bukan sekedar merasakan sakit kepala melainkan perasaan terombang ambing seperti lingkungan sekitarnya sedang bergerak dengan hebat. Tak jarang penyakit ini mendapat sebutan pusing tujuh keliling, atau pusing seperti terombang ambing di atas kapal.

Vertigo memiliki beberapa jenis, secara kedokteran terbagi atas tipe perifer dan tipe sentral.

Tipe perifer yang cukup sering ditemukan akan BPPV atau vertigo pada perubahan posisi.

Vertigo perifer jenis BPPV ini muncul secara tiba-tiba, biasanya muncul saat perpindahan posisi, misalnya muncul tiba-tiba saat bangun tidur, atau saat bangun dari sujud. Biasanya untuk mengurangi pusing penderita akan tiduran dan mengarah pada satu posisi saja, misalnya hanya menoleh ke arah kiri (karena kalau menoleh ke kanan atau bergerak akan pusing).  Tak jarang disertai rasa mual dan muntah yang hebat.

Bila Anda pernah mengalami hal demikian sebenarnya obat yang paling tepat bukanlah obat sakit kepala biasa, melainkan antivertigo seperti betahistidin (generik), histigo (merek), mertigo (merek) dll.
Anda perlu meminum ini hanya bila terjadi serangan. Bila tidak sebaiknya tidak perlu diminum.

Bila disertai muntah hebat bisa diberikan obat anti muntah seperti domperidone (generik), vometa (merek paten).

Kenapa saya terkena vertigo?
Vertigo perifer atau BPPV yang disebutkan di atas terjadi karena adanya otolit (semacam benda asing pada telinga) yang menyebabkan gangguan keseimbangan.

Selain BPPV ada pula vertigo karena infeksi telinga (neuritis vestibularis) biasanya akan disertai demam dan bunyi mendengung (tinitus). Bila terjadi demikian hubungilah dokter THT terdekat.

Selain itu, ada pula vertigo yang terjadi secara terus menerus dengan gejala muntah yang sangat minimal, biasanya ini mengarah ke vertigo sentral, atau vertigo yang terjadi karena ada masalah di bagian otak. Segera hubungi dokter Anda.

Nah, sekian informasi yang saya berikan. Inti dari informasi ini adalah bila Anda atau orang sekitar Anda mengalami pusing tujuh keliling tiba-tiba disertai mual dan muntah pikirkanlah ini sebagai serangan vertigo.

Peratama tenangkan diri Anda, pertolongan pertama adalah berbaringlah ke posisi yang Anda sukai, bila mungkin berikan obat antivertigo seperti betahistidine, histigo, mertigo, atau merek lainnya yang mengandung antivertigo. Jangan lupa obat antimuntah bila perlu. Segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dr. Rizka Hanifah

Reaksi:

2 komentar:

  1. saya pernah sakit itu dikasi histigo dari puskesmas plus obat anti muntah cepat kok sembuhnya. nice

    ReplyDelete
  2. Obat ini baik tp perhatikan waktu diminumkan kadang2x penderita vertigo masih dalam keadaan mual dan muntah-muntah sehingga otomatis obat yang sudah/baru dimakan akan dikeluarkan kembali (dan menyebabkan tidak diserap/berfungsi). Saran saya tunggu pasien agak tenang/tidak panik/tidak banyak muntah baru diminumkan obat ini.

    ReplyDelete